Minggu, 16 Oktober 2016

tugas



INPUT
ini kita akan membahas tentang teknologi-teknologi yang berhubungan dengan Input dan Output. Teknologi Input/Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah ke dalam komputer.disini kita akan memberi contoh dari beberapa alat input :
  • Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat Untuk kali berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
  • Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
    sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Touch Pad Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan :

  • menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
  • Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
  • Joy Stick/Game Paddle Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
  • Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnyadengan barcode.
  • Mikrophone Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
OUTPUT
Teknologi output pada komputer berfungsi untuk  menerjemahkan informasi yang diproses oleh komputer kedalam bentuk yang bisa dimengerti manusia, atau bisa di sebut juga sebagai  media pengelolaan data dari komponen

input. Output yang di hasilkan dari pengelolaan data tersebut  antara lain• berupa gambar, grafik, tulisan, suara, dan lainnya.
·        Monitor adalah alat yang mampu mengambil sinyal elektrik dari video card dan mengubahnya dalam bentuk gambar dengan menggunakan titik-titik dari cahaya berwarna yang tampil dilayar. Selanjutnya, setelah case ditutup, monitor dapat dihubungkan dengan kabel ke komputer bagian belakang bmelalui konektor khusus yang sangat mudah dikenali. Kabel listrik untuk monitor dapat dipasang pada stopkontak terpisah.
·         Speaker adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang dikirim oleh kartu suara. Tidak perlu membeli speaker yang wah, kecuali kita menggeluti bidang rekaman yang membutuhkan kualitas suara yang sangat bagus. Dua speaker dihubungkan dengan sebuah kabel yang dipasang di komputer bagian belakang setelah instalasinya selesai dilakukan.
·         Printer adalah sebuah alat yang bisa mencetak teks dan gambar pada kertas. Printer mempunyai dua sambungan. Pertama, dipasang di komputer bagian belakang dan berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer. Sambungan ini terhubung pula ke motherboard.kedua kabel listrikyang dipasang pada stopkontak yang terpisah.
·         Proyektor adalah sebuah alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa
Headphone adalah sepasang pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga. Saat kita memakainya kita terhubung dengan frekuensi audio stereofonik, monofonik atau binaural. Sumber sinyalnya bisa berasal dari penguat suara, radio atau pemutar CD.

·         Di dalam konteks telekomunikasi, istilah "headset" ini digunakan untuk merujuk kepada komunikasi dua arah seperti layaknya telepon. Di sini kita dapat merasakan hubungan timbal balik. Tidak hanya mengirim tetapi juga menerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar